Cara Merawat Ikan Koi

Ikan koi datang dari ikan mas yang disebut ikan kas dari negri jaepang, koi di ucap menjadi ikan pembawa karunia atau hoky buat anda yang memeliharannya, di jepang koi dimaksud kai yang berarti ikan berwarna. Asal mula tentang ikan koi banyak vs, diantaranya datang dari persia, lantas dibawa oleh bangsa cina ke jepang untuk di budidaya.

Ikan koi termasuk juga type ikan yang gampang dipelihara. untuk pakannya pula gampang, karena itu kita akan menolong rekan – rekan yang belum tahu bagaimanakah cara menjaga ikan koi dengan benar dan baik.

Cara Merawat Ikan Koi

jual ikan koi murah

Langkah menjaga koi memang mudah gampang susah, tujuannya jika kita menjadi pemula yang menjaga koi tentulah kita bingung sebab banyak koi yang mati serta tidak banyak pula koi yang kita memelihara mati semua sebab kita masukan koi baru ke kolam kita. Nah di bawah ini saya akan beri panduan menjaga ikan koi serta karantina koi baru agar tidak membuat mati koi lama. Koi ialah type ikan kolam yang memiliki banyak variasi atau type, seperti koi sowa, koi kohaku, koi asagi serta ada banyak jenis type koi. Koi adalah ikan yang diakui membawa hokki ataupun keberuntungan buat pemiliknya, tetapi untuk menjaga koi sebaiknya dibutuhkan perawatan koi yang betul-betul tambahan. Sebab koi adalah satu diantaranya type ikan kolam yang begitu susah pemeliharaannya sebab kita mesti tahu serta memahami langkah yang benar menjaga koi serta harus juga tahu langkah menyembuhkan koi yang sakit.

Untuk sukses menjaga koi harusnya kita ketahui beberapa jenis langkah menyembuhkan koi yang sakit ataupun langkah karantina koi baru sebelum dicampurkan dengan koi lama yang sehat. Sebab iasanya situasi koi baru umumnya begitu rawan dengan penyakit koi , di mana bila kita campur koi baru yang terkena penyakit ke kolam yang penuh dengan koi yang sehat, tentulah koi anda akan mati semua serta dapat tangisan air mata untuk koi yang paling disayangi anda.hehehe….

Tersebut beberapa Panduan Langkah menjaga Koi yang benar:

* Pertama – tama kita mesti buat persiapan kolam koi yang benar serta yang memberi dukungan untuk koi nyaman hidup serta berenang dikolam itu, diantaranya: jagalah kualitas air kolam koi karenanya adalah penentu kesuksesan dalam menjaga Koi, triknya Kolam koi mesti terlepas dari beberapa zat kimia, umumnya kolam Koi baru yang terbuat dari semen masih tetap tersisa berbau yang beresiko. rendam kolam dengan air sampai beberapa waktu suapaya berbau semen hilang kira-kira satu minggu selalu kita ubah air serta satu minggu lalu kita ubah air kembali serta rendam saat 5-7 hari baru isi dengan ikan biasa dahulu untuk cek air kolam apa wajar untuk ditempati ikan. Kualitas air untuk memberi dukungan perubahan koi dengan optimum ialah seperti berikut:

1. v suhu air sekitar 24-26oC,
2. v pH 7,2-7,4 (cukup basa),
3. v oksigen minimum 3-5 ppm,
4. v CO2 max 10 ppm,
5. v nitrit max 0,2.

* Beli ikan koi janganlah dipasar ikan jika kamu tidak dapat mengkarantina ikan koi, sebab umumnya dipasar ikan itu bukan koi karantina tetapi koi baru yang stress sebab dari perjalanan jauh pengiriman koi membuat ikan koi stress. Serta ikan koi yang stress tentu membawa penyakit, nah jika digabung ikan koi lama tentulah game over semua.
* Pilih Koi Yang sehat cirinya lihat ingsangnya jika membiru jadi koi itu berpenyakit, jika nafanya tidak normal alias keburu-buru jadi ikan itu stress, lihat badannya ada yang bercak merah atau siripnya merah janganlah dibeli
* Jumlahnya Koi janganlah terlalubayak di Kolam, cocokkan ukuran kolam dengan jumlahnya ikan yang dijaga. Kolambayak membuat koi tidak tumbuh maksimal serta gampang terkena penyakit
* Beri makanan yang seperlunya serta pilih makanan koi yang berkualitas seperti san koi ataupun yang lain yang spesial makanan koi agar terjamin kesehatannya