Panduan Merawat Ikan Koi

Panduan Merawat Ikan Koi

1. Persiapan Kolam Koi Yang Baik
Kualitas air kolam koi adalah penentu kesuksesan dalam menjaga Koi, pakar koi menjelaskan jika menjaga koi ialah memerhatikan kualitas air kolam yang baik. Kolam koi mesti terlepas dari beberapa zat kimia, umumnya kolam Koi baru yang terbuat dari semen masih tetap tersisa berbau yang beresiko. Menghilangkan terlebih dulu dengan merendam dengan air sampai beberapa waktu, serta janganlah cepat-cepat masukkan koi ke kolam. Sesudah di rendam buang air serta isi dengan air bersih.

jual ikan koi jumbo
2. Pilih Koi Yang sehat
Banyak Type serta kualitas Koi ada di market serta Koi Farm, dari yang bernilai murah sampai bernilai mahal. Pilih yang sesuai dengan situasi keuangan serta hasrat, yang terpenting Ikan Koi dalam Situasi Sehat. Beberapa penggemar koi merekomendasikan lebih baik menjaga koi dengan kualitas baik 3 ekor dibanding menjaga koi buruk dengan jumlahnya 100 ekor.

3. Jumlahnya Koi janganlah begitu bayak di Kolam, cocokkan ukuran kolam dengan jumlahnya ikan yang dijaga. Kolambayak membuat koi tidak tumbuh maksimal serta gampang terkena penyakit.

4. Jumlahnya makanan yag dikasihkan janganlah terlalu berlebih serta pilih makanan yang berkualitas baik. Banyak makanan koi ada di market dari yang bernilai murah sampai mahal. Makanan Koi yang baik umumnya mahal sebab beberapa diimport dari Jepang. Tidak hanya makanan berkualitas baik pula sesuai dengan kualitas koi. Jangan pernah koi bernilai 20 ribu dikasih pakan seharga 150ribu per/kg, cuma akan membuat kantong kering tetapi perkembangan koi tidak sepadan dengan dana. Memberi makanan terlalu berlebih membuat kolam cepat keruh,berapapun makanan yang dikasihkan koi akan makan tapi selekasnya dikeluarkan jadi kotoran.

5. memerhatikan Kualitas air kolam dalam situasi bersih
Kualitas air sebaiknya dijaga tetap konstan dalam situasi bersih, jangan pernah ada pergantian suhu serta situasi air yang begitu mencolok. memerhatikan Kualitas air kolam dikerjakan dengan membuat skema filter yang baik.Tidak hanya dengan skema filter kolam yang baik, butuh pergantian air sekitar 10% maximum 1 minggu sekali, bila dibutuhkan seringkali dari itu.Aspek penentu warna koi diantaranya kualitas koi/bloodline (70%), air (20%), serta aspek yang lain (10%).

6. Bila meningkatkan ikan baru sebaiknya dikarantina terlebih dulu, yakinkan tidak membawa penyakit. Sesudah tentu tidak membawa penyakit baru dimasukkan ke kolam.

7. Lihat tingkah laku ikan setiap waktu, ikan sakit umumnya tunjukkan tingkah laku yang tidak biasa, selekasnya dikarantina serta diobati. Kekurangan Oksigen pula jadi pemicu kematian ikan koi, lihat apa Koi tetap mengambang di pemukaan air sampil buka mulutnya, tingkah laku ini semakin lebih terlihat di waktu subuh,oleh karenanya imbuhkan aerator.

8. menjaga koi buat pemula semestinya dikerjakan dari ukuran kecil kira-kira 10-20 cm agar belajar memerhatikan perubahan koi dari waktu kewaktu. Pada ukuran itu umumnya cukup sudah gampang untuk dijaga serta harga masih tetap cukuplah murah. Selamat menjaga Koi.
Menjaga serta menjaga Ikan Koi yang baik satu kewajiban buat hobiis. Inti basic yang perlu untuk diketahui ialah kolam yang pas, air yang sesui serta tehnik pemberian pakan.