Teknik Budidaya Ikan Koi

Teknik Budidaya Ikan Koi

Ikan koi datang dari negara Jepang. Di negara Jepang sendiri ikan koi jadikan ikon pertemanan serta cinta. Tidak hanya itu ikan koi diyakini jadi pembawa hoki oleh sejumlah warga disana. Akan tetapi umumnya ikan koi dipakai jadi ikan hias buat membuat cantik rumah. Tahukah Anda kalau ikan koi adalah saudara dekat dari ikan mas atau karper?

Tidaklah mengherankan apabila di negara yg akrab dengan istilah matahari muncul itu ikan koi dimaksud pun ikan karper bersulam emas. Dijelaskan demikian dikarenakan corak di badan ikan koi yg berbagai variasi serta indah. Sebelumnya ikan koi ada di Indonesia merupakan lebih kurang tahun 60-an. Dahulunya ikan koi dibawa oleh pemimpin China jadi hadiah terhadap Presiden pertama di negara ini ialah Presiden Soekarno. Sesudah itu oleh Presiden Soekarno ikan koi itu dikasihkan terhadap peternak ikan yg ada di daerah Batu, Malang. Dari sinilah ternak ikan koi mulai menebar di Indonesia.

jual ikan koi murah

Pada tahun 60-an mutu ternak ikan koi di negara ini tetap kurang baik, bahkan juga dijelaskan sangatlah jauh dari mutu super. Namun, seiring bersamanya waktu serta perubahan masa, dan dapat dukungan dengan pengalaman serta kabar yg ada karena itu mutu ternak ikan koi lokal saat ini mempu beradu dengan ikan koi mutu impor. Tidak hanya itu dengan ada banyaknya lomba – lomba kecantikan serta keindahan yg diselenggarakan oleh banyak peminat ikan koi, jelas perihal ini bisa menaikkan nilai jual ikan koi dimata mata warga umum.

Ternak ikan koi sesunggunya relatif ringan. Anda cukuplah mencari indukan yg punyai corak serta warna yg bagus buat budidaya ikan koi. Sesudah itu pemijahan serta penyortiran buat anakan ikan koi yg udah pantas buat dipasarkan.

Penentuan Indukan Ternak Ikan Koi

Penentuan indukan adalah soal yg terutama dalam ternak ikan koi. Seandainya Anda punyai indukan yg bagus dan dapat dukungan dengan perawatan serta pakan yg baik, karena itu 90% keturunannya bakal bagus juga. Buat dapatkan indukan ikan koi yg bagus atau bermutu buat budidaya ikan koi, Anda bisa beli maupun bekerja sama dengan peternak ikan koi yang lain.

Usia ikan koi yg baik jadi indukan merupakan usia 3 tahun buat koi betina serta 2 tahun buat koi jantan. Tentukan indukan dengan fisik yg baik atau mungkin tidak cacat, gerakan tangkas, warnanya cerah, dan udah masak jadi indukan. Akan tetapi, tak selamanya dengan indukan yg baik bisa membuahkan anakan yg baik juga. Yg terutama dalam ternak ikan koki merupakan indukan punyai pembawaan – pembawaan dari ikan koi teratas.

Proses Pemijahan Ternak Ikan Koi

Dalam ternak ikan koi sebelum pemijahan dilaksanakan seharusnya membersihkan kolam lebih dahulu serta biarkanlah kolam terserang cahaya matahari sampai sungguh-sungguh kering. Isi kolam dengan air sesuai kebutuhan lantas diendapkan lebih dahulu sepanjang satu hari. Tambahkan ijuk ke dalam kolam, ijuk ini memiliki fungsi jadi wadah tempat ikan koi menaruh telurnya.

Kolam Ternak Ikan Koi

Ada 3 ragam kolam ikan koi yg mesti disajikan dalam ternak ikan koi antara lain sebagaimana berikut :

Kolam pemijahan buat ternak ikan koi dibikin dengan ukuran 4 m2, kedalaman 0. 5 m dan ditambahkan dengan aliran buat rotasi air kolam. Tentukan tempat atau area pembuatan kolam ikan koi dengan kecukupan cahaya matahari dan jauh dari keramaian. Proses pemijahan seharusnya dilaksanakan dilakukan pada sore hari. Tambahkan indukan betina ke dalam kolam lebih dahulu serta 3 jam lantas baru indukan jantan dimasukan ke kolam pemijahan. Perihal ini memiliki tujuan biar betina menyesuaikan lebih dulu dengan lingkungan kolam.

Kolam penetasan telur serta perawatan dalam ternak ikan koi dibikin berubah menjadi satu kolam dengan ukuran 2 – 3 m2. Kebanyakan pemijahan dilaksanakan waktu malam hari. Besok harinya, pindahkan ke dua indukan ke kolam ikan koi beda. Perihal ini buat menjauhi indukan menggunakan telurnya sendiri. Usahain telur yg melekat pada ijuk terus terendam air. Anda bisa memanfaatkan pemberat biar ijuk-ijuk itu terus terendam air. Seusai 48 jam sejak mulai pemijahan telur bakal menetas, biarkanlah benih benih itu sampai 5 hari baru dikasihkan pakan. Diminta Anda berikan pakan berwujud kutu air yg mempunyai ukuran kecil. Seandainya burayak (anak ikan yg tetap sangatlah kecil) udah mempunyai ukuran 1 cm, Anda bisa berikan pakan berwujud kutu atau udang artemia. Apabila burayak udah mempunyai ukuran 1, 5 cm Anda bisa memberi tambahan cacing sutera sampai berusia 21 hari.

Disaat burayak udah masuk umur 21 hari, seharusnya benih ikan dipindahkan ke kolam pendederan sampai berusia tiga bulan. Kolam pendederan dibikin dengan ukuran 3 m2. Kemampuan kolam ikan koi pendederan ialah 200 sampai 300 ekor benih ikan koi. Pada babak pendederan Anda bisa berikan pakan berwujud pelet dengan intensitas 2x satu hari. Ukuran pakan merupakan ¼ sampai ½ ons hingga benih koi itu kenyang. Kasih udang atau cacing 2 – 3 hari sekali. Perihal ini berfaedah buat memercepat pembentukan warna serta corak pada badan ikan koi.

Seusai koi berusia 3 bulan, Anda bisa menyortirnya sama dengan mutu warna serta besarnya tubuh koi. Dimulai dari sini Anda udah bisa menyaksikan manakah ikan dengan nilai jual tinggi serta rendah.