Cara Merawat Ikan Koi Untuk Pemula

Cara Merawat Ikan Koi Untuk Pemula

Apabila Anda mau tahu bagaimana caranya menjaga ikan koi, atau baru memiliki rencana pelihara ikan ini, coba cermati sejumlah 4 soal khusus dibawah ini :

jual ikan koi jumbo
1. Kolam Pemeliharaan

Koi merupakan ikan yg umum dirawat di kolam. Mungkin Anda menjaga ikan ini di aquarium, namun Anda tak bisa menyaksikan keindahan koi apabila disaksikan dari samping.

Bila dari kolam, Anda dapat melihat sisi atas badan ikan ini, disitulah letak keindahannya.

Pilihan tidak cuman di kolam yaitu dengan memanfaatkan kolam terpal. Mungkin ini merupakan trik yg lebih singkat, jadi Anda gak butuh susah-susah bikin kolam. Serta gak butuh menggunakan ongkos banyak yang pasti.

Buat ukuran kolam, tambah besar lebih baik tentulah. Buat kolam tidaklah terlalu cetek. Sesudah itu buat area privat di samping kolam (chamber) yg manfaatnya buat menyaring air, dapat 3 atau 4 sekat area. Semasing area itu berisi wadah filtrasi dengan cara terpisah.

Kolam sendiri seharusnya tak langsung mengenai cahaya matahari. Lantaran bila langsung terserang cahaya, kolam bakal ringan berlumut.

Trik menanggulangi kolam biar tak ringan berlumut yaitu dengan memanfaatkan lampu ultraviolet (UV) .

Seharusnya ikan yg baru Anda beli tak langsung masuk ke kolam di kombinasi berbarengan ikan beda. Perihal ini buat menjauhi penebaran penyakit dari ikan baru.

Sekalinya ikan baru steril, namun sekurangnya butuh dilaksanakan langkah preventif buat berjaga-jaga.

Tidak hanya itu, mengkarantina ikan pula memiliki tujuan biar ikan yg baru menyesuaikan dengan keadaan air kolam.

2. Mutu Air

Dalam menjaga ikan koi, mutu air tak dapat dilalaikan demikian saja. Pikirkanlah, ikan itu makhluk yg hidup di air, automatic sumber kehidupan mereka mesti kita nomer kumpulkan.

Keadaan air yg tak bagus itu seumpama hawa yg penuh polusi untuk manusia.

Apabila keadaan air tidak baik, karena itu jangan sampai bertanya-tanya bila ikan koi ringan di serang beragam penyakit. Lebih bila Anda menjaga ikan koi impor, Anda tak dapat kompromi bab mutu air.

Mereka lebih riskan pada penyakit ketimbang koi lokal. Ini lantaran mereka tak biasa dengan keadaan air di Indonesia, beda perihalnya dengan koi lokal yg sudah lahir serta di besarkan dengan keadaan air lokal.

Buat mendukung mutu air, karena itu diperlukan obat-obatan privat yg memiliki fungsi jadi anti bakteri untuk ikan.

Yg sangat umum merupakan memanfaatkan garam kasar. Garam sendiri diyakini dapat membunuh pelbagai ragam bakteri serta parasit yg merugikan untuk ikan koi.

3. Makanan Ikan Koi

Makanan yg berprotein tinggi sangatlah bagus buat ikan koi. Buat makanan penambahan, diminta memanfaatkan wheat germ serta spirulina.

Semasing makanan itu punyai kegunaan khusus untuk ikan koi. Seperti makanan tinggi protein bagus buat perkembangan ikan.

Spirulina diyakini bisa menambah kecerahan warna, di mana bertambah cerah warna ikan koi, karena itu bertambah bagus kwalitasnya serta bertambah mahal juga harga nya.

Wheat germ bagus buat bodi ikan biar lebih ramping serta seimbang (seperti torpedo) . Juga ada yg berasumsi kalau wheat germ bagus buat menambah warna putih pada ikan koi.

Kebanyakan pellet buat ikan koi dibikin dengan cara rinci. Ada yg privat spirulina, wheat germ serta high protein. Jadi kebanyakan banyak hobbyst bakal beli ke-tiga model pellet itu buat keselarasan diet ikan.
Trik berikan pakan ikan Koi yg benar

Dalam pemberian pakan, ikan koi tak bisa sangat sering dikasih makan. Ini lantaran kotorannya kelak bakal mencemarkan air.

Serta bila pakan tak habis, pelet bakal larut pada air. Perihal ini lantas tak bagus untuk mutu air.

Memang saat berikan makan ikan merupakan kala yg sangat dinantikan. Tetapi masih bijaksanalah dalam berikan makan. Mungkin 2-3 kali satu hari cukuplah, tentulah dengan jumlah sesuai kebutuhan serta tak tinggalkan bekas makanan.

4. Perabotan Partisan

Perabotan partisan seperti metode filtrasi, head pump, heater atau obat-obatan tidak juga kalah penting dalam menjaga ikan koi.

Akan tetapi yg sangat mesti merupakan head pump buat memompa serta mensirkulasikan air dan wadah filtrasi buat mengontrol mutu air.

Kebanyakan dalam kolam koi, air seusai melalui filtrasi bakal diangkat oleh head pump ke air terjun hasil. Ini punya maksud jadi nilai estetika dan arus dan oksigen yg lebih baik.

Wadah filtrasi buat kolam koi dapat beraneka ragam. Yg sangat umum merupakan bio ball, jap mat dan busa kapas. Kebanyakan tiap-tiap penghobi punyai racikan filtrasi semasing, menurut keilmuan serta pengalaman mereka.

Obat-obatan penambahan sebagai partisan seperti bakteri pemakan kotoran ikan, anti jamur dan garam kasar.

Buat perabotan penambahan seperti aerator mungkin diperlukan buat dead spot (tempat yg kurang arus / oksigen) .

Pada musim dingin, heater (pemanas) bisa saja diperlukan buat menambah suhu air. Ikan yg tengah dikarantina lantaran sakit pula diperlukan heater buat membunuh kuman-kuman.